Senin, 30 April 2012

Dunia pertambangan selalu memunculkan monster-monster raksasanya, betapa tidak hampir semua yang berukuran besar ada disini, dari mesin giling, mesin pembakaran, mesin cetak, bahkan kendaraan operasional angkut semacam truk saja, yang paling besar pun ikutan berada di bidang ini.
Caterpillar salah satu produsen alat berat asal Amerika Serikat ini, memang terkenal dengan penghasil monster-monster yang ditugaskan untuk di lingkungan yang mempunyai medan-medan yang sangat berat (heavy duty environment), baik dari traktor, mesin generator, bahkan yang terkenal adalah truck haul (truk angkut) legenda Caterpillar 797.
 Banyak perusahaan tambang kelas dunia, memelihara truck ini mengingat kemampuan dan durabilitynya yang sangat hebat, bahkan PT. Freeport juga memelihara mereka sebagai kendaraan angkut operasional mereka.


Bagaimana tidak, kalau melihat spek mesin, ukuran body, dan daya angkut si-monster caterpillar 797 memang sangat mencengangkan, apalagi kita sebagai orang awam yang biasa melihat truck-truck yang sering berseliweran di jalan dan menurut kita sudah paling besar.
Lalu bagaimana dengan bodynya ? ukuran tinggi dengan muatan sekitar 7.2 meter, dengan panjang 14.05 meter, jadi bisa dibilang, seakan-akan anda mengemudikan rumah dengan tiga lantai, dan berroda pula, operasional untuk kendaraan ini 24 jam, 365 hari per tahun, dan mesin akan berhenti apabila waktu perawatan tiba, biasanya satu tahun sekali, bisa dibilang selama setahun monster ini terus bertugas penuh.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar